Umi Khasanah, Umi Khasanah (2020) Hubungan pendidikan ibu hamil terhadap persepsi mutu pelayanan pada kunjungan pelayanan antenatal care. Jurnal Kebidanan, 9 (2). pp. 123-128. ISSN 2549-7081
Text
Hubungan pendidikan ibu hamil terhadap persepsi mutu pelayanan pada kunjungan pelayanan antenatal care.pdf - Other Download (233kB) |
Abstract
Antenatal Care terpadu merupakan pelayanan antenatal komprehensif dan berkualitas untuk semua
ibu hamil yang diberikan oleh tenaga medis terlatih dan profesional. Memberikan pelayanan yang
bermutu dan pelayanan yang dibutuhkan ibu hamil akan menjadikan persepsi ibu hamil tentang
pelayanan Antenatal Care lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisi hubungan
pendidikan ibu hamil terhadap persepsi mutu pelayanan pada kunjungan pelayanan Antenatal Care di
Puskesmas Wilayah Surakarta. Metode penelitian kuantitatif ini menggunakan pendekatan cross
sectional dengan teknik accidental sampling dalam pengambilan sampel sehingga didapatkan sebanyak
108 responden kemudian analisis data menggunakan chi-square. Hasil penelitian ini sebagian besar ibu
hamil berpendidikan tinggi menyatakan persepsi yang baik tentang mutu pelayanan Antenatal Care di
Puskesmas Wilayah Surakarta. Kesimpulan dari penelitian adalah ada hubungan tingkat pendidikan ibu
hamil terhadap persepsi mutu pelayanan pada kunjungan Antenatal Care dengan nilai p-value 0,027.
Nilai p-value lebih kecil dari 0,05 (0,027<0,05). Meningkatkan tingkat pendidikan di masyarakat perlu
dilakukan agar ibu hamil lebih paham dan kritis terkait pelayanan yang diberikan saat kunjungan
Antenatal Care.
Kata Kunci: pendidikan; persepsi; antenatal care
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | education; perception; antenatal care |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Mrs Ni Made Yunia Dwi Savitri |
Date Deposited: | 15 Jun 2022 03:18 |
Last Modified: | 15 Jun 2022 03:18 |
URI: | http://eprints.triatmamulya.ac.id/id/eprint/1157 |
Actions (login required)
View Item |