Gambaran kualitas pelayanan posyandu balita di wilayah kerja Puskesmas Umbulharjo I Yogyakarta

Dwi Astrini Wulandari, Dwi Astrini Wulandari and Enny Fitriahadi, Enny Fitriahadi (2021) Gambaran kualitas pelayanan posyandu balita di wilayah kerja Puskesmas Umbulharjo I Yogyakarta. Jurnal Kebidanan, 10 (1). pp. 35-50. ISSN 2549-7081

[thumbnail of Gambaran kualitas pelayanan posyandu balita di wilayah kerja Puskesmas Umbulharjo I Yogyakarta.pdf] Text
Gambaran kualitas pelayanan posyandu balita di wilayah kerja Puskesmas Umbulharjo I Yogyakarta.pdf - Other

Download (801kB)

Abstract

Word Health Organization (WHO) setiap fasilitas pelayanan kesehatan untuk peningkatan kesehatan ibu dan
bayi memiliki pelayanan daftar standar dan pernyataan kualitas. Untuk mengetahui kualitas pelayanan
posyandu balita, telah dikembangkan 8 indikator penilaian kualitas pelayanan posyandu. Penelitian ini
menggunakan desain deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Besar sampel yang digunakan sebanyak
35 posyandu balita berstatus belum mantap (total sampling). Analisis data menggunakan analisis univariat.
Pengambilan data dengan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian distribusi kualitas pelayanan
posyandu balita adalah 8 Posyandu balita (22,9%) mantap dan 27 (77,%) belum mantap. Rerata kader tugas
33 (94,3%) >5 orang, dan 2 (5,7%) <5 orang. Frekuensi penimbangan >8 kali ada 35 (100%). Rerata cakupan
D/S 27 (77,1%) D/S <50%, D/S =50% ada 2 (5,7%), 6 (17,4%) D/S <50%. Cakupan kumulatif KIA 17 (48,6%)
>50%, =50% ada 1 (2,8%) <50% ada 17 (48,6%). Cakupan kumulatif KB 25 (71,4%) >50%, =50% ada 3 (8,6%)
dan 7 (20%). <50%. Cakupan kumulatif imunisasi 20 (11,1%) >50%, dan 15 (42,9%) <50%. Ada program
tambahan 25 (71,4%) dan 10 (28,6%) tidak ada program tambahan. Ada dana sehat 28 (80%) dan tidak ada 7
(20%). Pencatatan dan pelaporan kemudian arsip kegiatan, managemen pembagian tugas harus lebih
ditingkatkan untuk peningkatan kualitas pelayanan posyandu antara lain koordinasi lintas sektor ataupun
kepada pihak pemangku kepentingan (stakeholder).
Kata Kunci: balita; kualitas pelayanan posyandu

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: balita; kualitas pelayanan posyandu
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Mrs Ni Made Yunia Dwi Savitri
Date Deposited: 15 Jun 2022 03:18
Last Modified: 15 Jun 2022 03:18
URI: http://eprints.triatmamulya.ac.id/id/eprint/1166

Actions (login required)

View Item View Item