The Impact of Problem-based Learning Models on Social Studies Learning Outcomes and Critical Thinking Skills for Fifth Grade Elementary School Students

Dharma, I Made Aditya and Lestari, Nyoman Ayu Putri (2022) The Impact of Problem-based Learning Models on Social Studies Learning Outcomes and Critical Thinking Skills for Fifth Grade Elementary School Students. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6 (2). pp. 263-269. ISSN 25496174

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Keterampilan berpikir kritis diperlukan dalam pembelajaran IPS, namun faktanya keterampilan berpikir kritis siswa di sekolah dasar belum optimal, sehingga berimbas pada hasil belajar siswa di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model problem-based learning terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa. Jenis peenelitian ini yaitu penelitiam kuantitatif dengan tipe quasi eksperimen dan rancanggan yang di gunakan yaitu posttest only control group design. Populasi padaa penelitian ini adalah siswa kelas V SD. Random sampling diugunakan untuk menentapkan sampel, adapun jumlah sampel secara keseluruhan yaitu 68 siswa dari dua sekolah yang berbeda. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis anava satu jalur dan manova. Hasil pengujian menunjukkan terdapat pengaruh model probelm based learning terhadap hasil belajar IPS dan keterampilan berpikir kritis siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model problem-based learning memiliki pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dan keterampilan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensieonal. Implikasi penelitian ini diharapkan guru-guru dapat mengimplementasikan model problem based learning ini pada proses pembelajaran, sehinggadapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran dengan mudah ,cepat selama proses pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, IPS, Berpikir Kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: MAD Dharma
Date Deposited: 07 Nov 2022 06:30
Last Modified: 07 Nov 2022 06:30
URI: http://eprints.triatmamulya.ac.id/id/eprint/1636

Actions (login required)

View Item View Item