ANALISIS FAKTOR ERGONOMI TERHADAP STRES KERJA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN FRONT OFFICE HOTEL DI BALI

irwanti, Ni Ketut Dewi and Wisnawa, I Made Bayu Wisnawa (2023) ANALISIS FAKTOR ERGONOMI TERHADAP STRES KERJA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN FRONT OFFICE HOTEL DI BALI. Journal of Applied Management Studies (JAMMS), 4 (2). pp. 175-192. ISSN e-ISSN 2716-294X (media online)

[thumbnail of 82-Article Text-370-1-10-20230701.pdf] Text
82-Article Text-370-1-10-20230701.pdf

Download (812kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dampak faktor ergonomi (beban
kerja/task, organisasi dan lingkungan kerja) terhadap stres kerja, menganalisis
pengaruh stres kerja terhadap kinerja dan pengaruh faktor ergonomi terhadap
kinerja melalui stres kerja karyawan front office hotel di Bali. Jumlah sampel
dalam penelitian ini adalah 56 responden dari seluruh karyawan hotel di bagian
front office pada hotel bintang empat dan lima. Pengumpulan data dilakukan
dengan penyebaran kuesioner dengan menggunakan 5 skala Likert untuk mengukur
25 item pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik
deskriptif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Partial Least
Square (PLS) menggunakan software SmartPLS versi 3. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Nilai R2 untuk untuk variabel stres kerja dan kinerja adalah
0.093 dan 0,076. Nilai R2 0,093 dan 0,076 termasuk kategori lemah. Ini berarti
9,3% variance variabel stres kerja dapat dijelaskan oleh faktor ergonomi
(tugas/task, organisasi dan lingkungan kerja). Sedangkan variance untuk variabel
kinerja sebesar 7,6% yang dapat dijelaskan oleh faktor ergonomi dan stres kerja.
Hasil penelitian juga menunjukkan, 1) Variabel beban kerja (tugas-tugas atau task)
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap stres kerja karyawan front
office hotel di Bali, 2) Variabel Organisasi kerja berpengaruh secara negatif dan
signifikan terhadap stres kerja karyawan, 3) Variabel lingkungan kerja
berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap stres kerja, 4) Variabel stres
kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, 5)
Variabel stres kerja tidak mampu memediasi variabel beban kerja terhadap kinerja
karyawan, 6) Variabel stres kerja tidak mampu memediasi variabel organisasi
kerja terhadap kinerja, dan 7) Variabel stres kerja tidak mampu memediasi
variabel lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan front office hotel di Bali.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan manajemen hotel menjaga
kinerja karyawan bagian front office dengan memperhitungkan faktor-faktor
ergonomi (beban kerja, organisasi kerja dan lingkungan kerja)yang tidak sesuai
dengan kapasitas kerja sehingga dapat menjadi sumber stres bagi karyawan.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Ni Ketut Dewi Irwanti
Date Deposited: 15 Feb 2024 01:59
Last Modified: 15 Feb 2024 01:59
URI: http://eprints.triatmamulya.ac.id/id/eprint/2119

Actions (login required)

View Item View Item