The Roles of Data Management and Pentahelix in Accelerating Development of Village Communities

Karta, Ni Luh Putu Agustini (2023) The Roles of Data Management and Pentahelix in Accelerating Development of Village Communities. International Journal of Community Service Learning, 7 (3). pp. 318-324. ISSN 2549-6417

[thumbnail of Artikel SID  and Roles Pentahelix in IJCSL] Text (Artikel SID and Roles Pentahelix in IJCSL)
Artikel Roles of SID and Pentahelix in IJCSL.pdf - Published Version

Download (376kB)

Abstract

Dalam berbagai kasus di desa, data tidak dikumpulkan dengan baik,
tidak mutakhir, dan tidak akurat. Proyek studi ini bertujuan untuk
menganalisis peran pengelolaan desa dan validitas data desa dalam
percepatan pembangunan masyarakat pedesaan. Metode deskriptif
kualitatif dengan lima puluh responden dari 17 desa yang berhasil
dijadikan sampel di Bali dan 9 informan kunci yang diwawancarai
memberikan informasi terkait pengelolaan sistem informasi dan data di
Desa Cepaka Kediri Tabanan. Temuan dari proyek ini adalah 1)
Pemutakhiran data masyarakat desa menjadi prioritas utama setiap
desa agar program yang dicanangkan pemerintah menjangkau sasaran
masyarakat yang membutuhkan. 2) Edukasi masyarakat secara terus
menerus mengenai validitas data sangat penting dalam penyaluran
bantuan pemerintah yang tepat sasaran. 3) Kompetensi sumber daya
manusia dalam menangani sistem informasi desa perlu ditingkatkan. 4)
Ketersediaan sarana dan prasarana pendukung sistem informasi desa
bersifat mutlak. 5) Kolaborasi beberapa pemangku kepentingan dalam
konsep PENTAHELIX membantu mempercepat pemutakhiran data
desa. Kesimpulan dari proyek ini adalah pengelolaan data dan
kontribusi PENTAHELIX berperan penting dalam percepatan
pembangunan desa.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Dr. Agustini Karta
Date Deposited: 20 Feb 2024 03:55
Last Modified: 20 Feb 2024 03:55
URI: http://eprints.triatmamulya.ac.id/id/eprint/2125

Actions (login required)

View Item View Item