Karta, Ni Luh Putu Agustini (2024) Peran Stakeholder Dalam Tata Kelola Dan Penguatan Brand Produk Kearifan Lokal Arak Bali Sebagai Bisnis Inklusif Pendukung Pariwisata. Project Report. BIMA DIKTI, BIMA DIKTI.
![]() |
Text (Laporan Akhir Penelitian DIKTI)
Generate Laporan Akhir Penelitian Arak Bali Final.pdf Download (5MB) |
Abstract
Urgensi penelitian fundamental ini adalah mensolusi fenomena non-positifistik tentang legalisasi
produksi dan peredaran minuman beralkohol “Arak Bali”. Legalisasi oleh pemerintah ini memunculkan
pro dan kontra. Upaya meningkatkan brand produk kearifan lokal Arak Bali belum diprioritaskan.
Ditetapkannya legalitas dan ijin edar minuman tradisional beralkohol ini menimbulkan kontroversi
pada seluruh stakeholder. Penelitian ini bertujuan manganalisis peran stakeholder dalam tata kelola
dan penguatan brand produk kearifan lokal Arak Bali sebagai bisnis inklusif pendukung pariwisata di
Bali. Pada penelitian ini; explorasi ke industri dan masyarakat perajin, yang jumlahnya mencapai 1975
di Kabupaten Karangasem dilakukan secara bertahap. Guna mendapat data yang akurat dan reliable,
sebanyak 162 stakeholder yang merupakan informan kunci, termasuk dari pemerintahan diundang
beberapa kali dalam FGD dan menjadi responden pengisi angket. Luaran penelitian ini meliputi artikel
internasional bereputasi dan non- reputasi, book chapter, policy brief, sertifikat presenter dan HAKI.
Implikasi penelitian ini sangat memberi dukungan kepada seluruh stakeholder dalam menguatkan
brand Arak Bali
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Dr. Agustini Karta |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 05:11 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 05:11 |
URI: | http://eprints.triatmamulya.ac.id/id/eprint/2204 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |