Karta, Ni Luh Putu Agustini and Kusumawijaya, Ida Ketut and Diarini, I Gst Agung Sinta and Hartini, Ni Made (2018) Potensi Keunggulan Bersaing UKM Eksport Bali Dalam Perspektif Stakeholder dan Marketing. Undiksha, Prosiding SENADIMAS Ke-3,.
Text
Similirity Potensi Keunggulan Bersaing UKM Eksport Bali Dalam Perspektif Stakeholder .pdf Download (2MB) |
Abstract
Eksport kerajinan UKM Bali meningkat tajam pada tahun 2017. Kreativitas produksi,
bahan dasar yang ramah lingkungan dan harga jual yang kompetitif, menjadikan
produk kerajinan tangan ini digandrungi oleh pembeli mancanegara. Tujuan
penelitian ini adalah menganalisis potensi keunggulan bersaing produk kerajinan
UKM Bali dari perspektif marketing dan stakeholder. Survey dan wawancara
mendalam dilakukan terhadap 20 pemilik dan pengelola UKM produk eksport yang
ada di beberapa kabupaten di Bali serta pejabat pemerintah atau pemangku
berkepentingan di Bali. Pendekatan analisis kualitatif dan deskriptif kuantitatif yang
dilakukan menemukan bahwa kontribusi stakeholder dan upaya pergeseran
marketing konvensional ke digital yang dilakukan, mampu meningkatkan keunggulan
bersaing UKM Eksport di Bali. Implikasi pelenelitian ini diharapkan meningkatkan
kontribusi stakeholder dalam pencapaian potensi keunggulan bersaing UKM Eksport
di Bali. Para pengelola UKM juga mulai menggeser strategi pemasaran produknya
dari yang bersifat konvensional menuju digital.
Item Type: | Other |
---|---|
Additional Information: | Fokus pada UMKM eksport |
Uncontrolled Keywords: | keunggulan bersaing marketing |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Humanities |
Depositing User: | Dr. Agustini Karta |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 00:17 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 00:17 |
URI: | http://eprints.triatmamulya.ac.id/id/eprint/373 |
Actions (login required)
View Item |