Potensi Keunggulan Bersaing UKM Eksport Bali Dalam Perspektif Stakeholder dan Marketing

Karta, Ni Luh Putu Agustini and Kusumawijaya, Ida Ketut (2018) Potensi Keunggulan Bersaing UKM Eksport Bali Dalam Perspektif Stakeholder dan Marketing. SENADIMAS 3 UNDIKSHA, Universitas Pendidikan Ganesha.

[thumbnail of Penilaian reviwer] Text (Penilaian reviwer)
Penilaian Prosiding Potensi Keunggulan Bersaing UMKM Eksport..pdf - Published Version

Download (60kB)

Abstract

Eksport kerajinan UKM Bali meningkat tajam pada tahun 2017. Kreativitas produksi,
bahan dasar yang ramah lingkungan dan harga jual yang kompetitif, menjadikan
produk kerajinan tangan ini digandrungi oleh pembeli mancanegara. Tujuan
penelitian ini adalah menganalisis potensi keunggulan bersaing produk kerajinan
UKM Bali dari perspektif marketing dan stakeholder. Survey dan wawancara
mendalam dilakukan terhadap 20 pemilik dan pengelola UKM produk eksport yang
ada di beberapa kabupaten di Bali serta pejabat pemerintah atau pemangku
berkepentingan di Bali. Pendekatan analisis kualitatif dan deskriptif kuantitatif yang
dilakukan menemukan bahwa kontribusi stakeholder dan upaya pergeseran
marketing konvensional ke digital yang dilakukan, mampu meningkatkan keunggulan
bersaing UKM Eksport di Bali. Implikasi pelenelitian ini diharapkan meningkatkan
kontribusi stakeholder dalam pencapaian potensi keunggulan bersaing UKM Eksport
di Bali. Para pengelola UKM juga mulai menggeser strategi pemasaran produknya
dari yang bersifat konvensional menuju digital

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Dr. Agustini Karta
Date Deposited: 23 Jul 2021 13:12
Last Modified: 23 Jul 2021 13:12
URI: http://eprints.triatmamulya.ac.id/id/eprint/464

Actions (login required)

View Item View Item